2007-01-16

Bikin dua (atau lebih) format Page Number di Word

im sering banget dapet pertanyaan kaya gini, “gimana sih caranya bikin Page Number di Word mulai lagi dari 1, tapi masih di dokumen yang sama..??”. Biasanya temen-temen yang lagi bikin skripsi nih yang nanya kaya begini. Biasanya mereka pengen bikin halaman dengan format i,ii, iii, dst; terus disambung sama 1, 2, 3, dst. Bener ga..??

Selama bertahun-tahun (hiperbolis nih, padahal ga selama itu) im ga juga nemuin caranya (emang ga dicari sih). Akhirnya kemaren (udah agak lama sih) im tau juga gimana caranya bikin format page number yang kaya gitu. Mau tau caranya..??

Ok, im bakal tunjukin caranya. Rahasianya ada di Document Section. Apaan tuh..?? Masa gitu aja ga tau, coba buka kamus bahasa Inggris (misalnya Linguist), terus cari apa artinya section. Section artinya bagian. Kita bisa ngebagi dokumen jadi beberapa Document Section. Terus gimana caranya bikin Document Section..??

Caranya gini, pertama buka dokumenya, lalu pilih bagian yg mana yg mau dijadikan awal dari Section. Misalnya im pilih awal bab baru sebagai awal dari Section (liat gambar).

Terus buka menu File > Page Setup. Buka tab Layout dan pastiin kalo opsi yang dipilih di Section Start itu yang New Page. Abis itu ubah opsi Apply to jadi This Point Forward. Terakhir, klik OK..

Sekarang kita udah punya dua Section, dan kita tinggal bikin halaman di masing-masing Section. Prosedurnya standard lah, masa gitu aja gat tau. Pilih aja section yang mau dikasih Page Number, terus buka menu Insert > Page Number. Ulangi untuk setiap Section. Kalo mau lebih jelas liat aja deh ilustrasi gambar ini (baca juga penjelasannya)..!!

1. pilih Section 1

2. Buka menu Insert > Page Number, terus atur formatnya, misalnya I, ii, iii, dst

3. Pilih Section 2, terus ulangi langkah yang sama, tapi kali ini Start at-nya diisi 1 dan formatnya 1, 2, 3, dst. Selesai deh, sekrang dokumennya punya dua format halaman dan mulai dari 1 lagi..

Gimana..?? Gampang kan..?? Kalo masih ada pertanyaan atau mau tau lebih detail, silakan tanya langsung sama Microsoft Word-nya, pencet F1 terus ketik kata kuncinya, misalnya Section, terus baca sendiri deh.

1 comment:

Assyaukani said...

numpang nyedot ya ka imam, makasih, dah banyak yang nanya juga ni tentang ini, kebetulan ka imam tulis, boleh kan kalo kani pajang misal di web himit wat bagi2 lmu?so pasti copyright nya tetep di tulis, (im, 2007), oh iya numpang nyedot yang style word nya ya, hatur nuhun